Rabu, 08 April 2020

Cokelat Monggo Kotagede (Belgian Chocolate)

Cokelat Monggo adalah produk cokelat yang dibuat oleh industri rumahan di Kotagede. Cokelat ini memiliki citarasa yang khas dan unik sehingga menarik para wisatawan khususnya penikmat makanan cokelat untuk datang ke Kotagede dan menikmati rasa cokelat itu langsung dari rumah produksinya.

Awalnya pada tahun 2003, merk dagang Cokelat Monggo hanya mengolah sekitar 200 kg biji kakao setengah jadi per bulan untuk dijadikan cokelat khas Monggo yaitu dark chocolate. Namun, pada tahun 2011 ini, industri rumahan ini telah mengolah sekitar 5 ton kakao setengah jadi per bulan. Edward Riando Picasauw, salah seorang pendiri perusahaan cokelat Manggo ini menyatakan adanya kenaikan konsumsi cokelat merknya disebabkan adanya pergeseran selera masyarakat yang tadinya menyukai cokelat dengan campuran susu, kini mulai tertarik dengan cita rasa cokelat internasional yang merupakan pure butter cacao dengan sensasi rasa pahit.



Cokelat Monggo diolah dari biji kakao pilihan dari perkebunan di Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Setiap varian produk memiliki keunikan dari cita rasa asli bahan-bahan Indonesia yang merupakan kreasi dari ahli cokelat Belgia di rumah produksi Cokelat Monggo di Kotagede Jogjakarta.

Letak/Peta
Cokelat Monggo terletak di Kecamatan Kotagede di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat produksi Cokelat Monggo dapat ditempuh kurang lebih 20 menit (8 km) dari pusat kota Yogyakarta. Rumah produksi Cokelat Monggo bisa dibilang berada pada daerah paling pojok dari kawasan Kotagede ini, karena posisi Cokelat Monggo dapat dicapai setelah kita melewati Pasar Tradisional Kotagede, terus menuju ke selatan melewati daerah peninggalan Kerajaan Islam Mataram dan berhenti di sekitar penyimpanan "Watu Gilang" yang juga merupakan benda peninggalan Kerajaan Mataram. Jika Anda berkeinginan untuk datang ke Kotagede dengan transportasi tradisional, misal: becak atau andong, maka perjalanan dapat ditempuh kurang lebih selama 45 menit dari pusat kota di Malioboro.





Peta letak Cokelat Monggo dapat Anda lihat di bawah ini:



Produk Cokelat Monggo Kotagede

Durian
Cokelat Monggo ini adalah cokelat yang  dipadu dengan bahan dasar dari buah durian, hal ini menimbulkan rasa yang sangat khas bagi para penikmat cokelat terutama mereka yang hobby dengan buah durian. 
Bahan: cocoa mass, cocoa butter, sugar, durian fruit paste, soy lecithin, vanillin 40 grams

Milk Chocolate 
Cokelat jenis ini dibuat untuk mereka yang menyukai susu dan cokelat. Pada saat meleleh dalam mulut adalah sensasi rasa yang paling enak dalam cokelat ini
Bahan: Milk chocolate couverture (sugar, cocoa mass, cocoa butter, milk, soy lechithin, vegetable emulsifier, vanillin) 40 grams

Mango
Cokelat ini mengambil citarasa buah mangga yang memang sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan sedikit kecut, juga teksturnya yang unik akan sangat terasa dilidah semua penikmatnya.
Bahan: Dark chocolate couverture 58% (cacao mass, sugar, cacao butter, emultion/ soy lechitin,Vanilin), mango paste (mango fruit, sugar) 40 grams

Beberapa produk yang sering dibeli para pelancong: (Hunting Cokelat Monggo)








Ingin beli Coklat ini bisa hubungi kami:
(Kami Bantu Anda Cari Barang Jogja)


9 komentar:

  1. mau tanya, berapa kisaran harga cokelat monggo?

    salam kenal,
    http://jogjaempatroda.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya menurut pendapat saya pribadi, coklat itu agak mahal dibandingkan dg coklat yg lain. Namun begitu dia memiliki keunggulan dibandingkan dg coklat yg lain selaim keunikannya.. Silakan Anda mencoba.. Siapa tau suka..

      Hapus
  2. wisata murah cuma Rp.150.000 saja sudah termasuk Mobil+Supir+BBM+Hotel pula untuk keterangan lebih lanjut hubungi
    Satrio Langit Transport
    Alamat :Jl. Gambiran 101 Yogyakarta 55161
    Telp. : (0274) 7881681 / 4340635 / 081215541554
    PIN BB : 230C5DC1
    E-mail N YM : satriolangit.transport@yahoo.com
    satriolangit.transport@gmail.com
    http://rentalmobilyogyakarta.net/rentalcamryjogja/

    BalasHapus
  3. Salam kenal juga ya.. Terimakasih

    BalasHapus